Tawar Asri, Perumahan Tersukses Pertama di Wonosari

Jika melihat sejarah berdirinya perumahan di Gunungkidul,  ada beberapa pioneer perumahan di daerah ini, seperti perumahan Siraman, Piyaman, Mijahan, dan TawarAsri. Dari beberapa komplek tersebut, TawarAsri adalah perumahan tersukses pertama di Wonosari, Gunungkidul.

Ya, TawarAsri atau sering disebut Griya Tawar Asri adalah komplek perumahan pertama yang sukses memperoleh pelanggan dibanding saingannya yang lain seperti perumahan Siraman, Piyaman, maupun Mijahan. Sukses yang saya maksud disini adalah kondisi habis terjual dan bahkan menambah kluster baru untuk memenuhi permintaan pelanggan yang membludak.

Tawar Asri, Perumahan Tersukses Pertama di Wonosari


Pada kluster pertama, yang pembangunannya dilaksanakan sekitar tahun 2010-2011, pengembang perumahan TawarAsri menyediakan 52 kavling tanah dengan ukuran standar rumah Type 30 dan luas tanah 77 meter persegi. Rata-rata pelanggan membeli 1 bidang kavling lengkap dengan bangunannya yang berisi 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 2 kamar tidur.
Perumahan Griya Tawar Asri I
GTA I
Setelah kluster pertama, atau sering disingkat GTA I (Griya Tawar Asri I), habis terjual, pengembang berupaya menambah kavling baru di belakang kluster pertama yang dinamai GTA II. Penambahan jumlah 20 kavling GTA yang memiliki spesifikasi type 36/80 juga langsung habis terjual. 

Perumahan Griya Tawar Asri II
GTA II
Dari beberapa pertimbangan sekaligus hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa penghuninya yang telah merasakan perumahan di Gunungkidul ini, sejumlah faktor mempengaruhi kesuksesan tersebut seperti diantaranya:

Letak yang strategis
Perumahan atau Griya Tawar Asri ini terletak hanya sekitar 700 meter darai Balai Desa Wonosari dan memang berada di wilayah Desa Wonosari, yang dianggap sebagai pusat kota Wonosari. Lokasi perumahan ini juga dekat dengan RSUD, Alun-Alun, Pasar Wonosari, Stadion Handayani, maupun Hutan Kota.

Griya Tawar Asri juga sangat dekat dengan pusat oleh-oleh Yu Tum yang populer dengan gathot dan tiwulnya, Jl. Sumarwi yang terkenal sebagai pusat belanja, serta aneka warung makanan di sepanjang jalan Taman Bhakti.

Lingkungan yang asri
Meski berada dekat dengan pusat kota, perumahan Tawar Asri sangat tenang karena berada di pinggir perkampungan yang berbatasan langsung dengan tanah tegalan serta hutan kota. Hening di kala malam, namun tetap mudah mencari keperluan harian karena dekat dengan pusat perbelanjaan.

Lokasinya yang berada di padukuhan Tawar Sari menjadikan perumahan ini cukup fleksibel bagi penghuninya. Bagi yang berjiwa sosial, warga perumahan ini dapat aktif berbaur dengan penduduk lokal, sementara yang memiliki kesibukan kelas dewa, lingkungan perumahan ini cukup toleran terhadap kepentingan pribadi warga. 

Harga yang terjangkau
Pertama kali ditawarkan, harga perumahan ini dibanderol kurang dari 100 juta Rupiah jika dibeli secara cash. (Baca juga Standar Harga Perumahan di Gunungkidul). Pengembang pun juga menyediakan fasilitas KPR BTN dengan uang muka yang cukup terjangkau waktu itu, yakni kisaran 12 juta hingga 18 juta Rupiah, dan sisanya dapat diangsur hingga 15 tahun.

Itulah sekilas informasi seputar Griya Tawar Asri, perumahan tersukses pertama di Wonosari, Gunungkidul. Kesuksesan ini ternyata membangkitkan keinginan banyak pihak untuk membangun perumahan serupa di wilayah kota Wonosari dan akhirnya cukup menjamur hingga saat ini. 

No comments:

Post a Comment