Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari

Mengupas sekilas seputar Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari, ada beberapa hal menarik yang membuat kavling-kavling disini laku keras hanya dalam hitungan bulan. Lalu, bagaimana kondisi perumahan di tengah Kota Wonosari ini? Berikut ulasannya.

Mulai dibangun sekitar tahun 2010-2011, Perumahan Griya Tawar Asri menjadi salah satu perumahan favorit di Wonosari. Beragam faktor menjadi pertimbangannya mengapa perumahan ini banyak diminati pelanggan hingga lebih dari 70 kavling dan bangunannya saat ini telah berpenghuni, dan sebagian besar menetap menjadi sebuah komunitas masyarakat.

Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari


Sebagai salah satu perumahan tersukses di Gunungkidul, Griya Tawar Asri sendiri dibangun secara bertahap dalam 2 kluster yang berbeda, baik type maupun harganya. Adanya dua type ini sebenarnya juga merupakan pemenuhan permintaan pasar yang dinamis dengan tetap mempertimbangkan lahan yang ada. Secara rinci, inilah 2 kluster di komplek Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari, Gunungkidul.

Kluster Pertama Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari Gunungkidul
Kluster ini juga disebut GTA I (Griya Tawar Asri I). Kluster ini mulai dibangun sekitar tahun 2010 dengan jumlah kavling mencapai 52 buah dan bangunan rumah total 48 buah (4 buah kavling dibeli sebagai tambahan rumah didepannya). Mengacu pada rumah tipe RSS (Rumah Sangat Sederhana), kluster pertama perumahan Griya Tawar Asri ini memiliki luas bangunan 30 meter persegi (5 x 6 m) dan luas tanah 77 meter persegi dengan harga pasaran sekitar 60-70 juta Rupiah waktu itu.

Pada paket penawarannya pertama kali, masing-masing rumah kluster ini terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang tamu. Untuk urusan masak-memasak, rumah ini memang belum lengkap karena belum memiliki ruang dapur sehingga pelanggan yang ingin menempatinya harus membuat bangunan tambahan sebagai dapur, yang dapat memanfaatkan sisa tanah di belakangnya yang masih kosong lebih dari 14 meter persegi.

Kluster Pertama Perumahan Griya Tawar Asri


Kluster pertama Perumahan Griya Tawar Asri ini terdiri dari 7 Blok, yakni Blok A hingga G, yang masing-masing blog terdiri dari 8 kavling, kecuali Blok G yang hanya 4 kavling. Urutan Blok di kluster ini cukup rumit karena berprinsip pada bentuk huruf N. Artinya, Blok A berada di depan, diikuti Blok B, dan C, sementara Blok D kembali ke arah depan hingga blok G yang paling belakang.

Rumah di kluster menghadap ke utara atau selatan, dan memiliki fasilitas utama berupa aliran PDAM dan listrik prabayar 900 Watt. Ukuran standar tanah yang masih kosong di depan bangunan rata-rata 3 meter x 7 meter sehingga cukup sulit untuk menempatkan mobil di depan rumah, kecuali mobil-mobil kecil sejenis city car.

Kluster Kedua Perumahan Griya Tawar Asri Wonosari Gunungkidul
Sering juag disebut Griya Tawar Asri II (GTA II), kluster ini merupakan pengembangan dari kluster pertama (GTA I). Mulai dibangun sekitar tahun 2012, kluster ini terdiri dari 20 kavling dengan total bangunan rumah 18 buah (2 kavling dibeli sebagai tambahan). Luas bangunan dari masing-masing kavling adalah 36 meter persegi dan luas tanah variatif dari 78 meter persegi dan dibanderol variatif dari 120 Juta hingga 160 juta Rupiah. Cek juga spesifikasi standar harga perumahan di Gunungkidul yang sesuai nominal ini. 

Pada paket penjualannya, kluster kedua perumahan Griya Tawar Asri ini menawarkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 1 ruang dapur. Artinya, pembeli rumah pada kluster ini sudah langsung bisa menempatinya dengan mengisi perabotan utama karena ruang vital telah tersedia. Sisa tanah di belakang maupun depan rumah dapat dimanfaatkan untuk garasi maupun perluasan ruang.

Kluster Kedua Perumahan Griya Tawar Asri


Kluster kedua perumahan Griya Tawar Asri ini terdiri dari 2 blok, yakni Blog H dan I yang masing-masing terdiri dari 10 kavling. Blok H merupakan rumah-rumah yang menghadap ke timur, sementara Blok I adalah rumah-rumah yang menghadap ke barat. 

Hampir sama seperti pada kluster pertama, rumah-rumah pada kluster kedua perumahan Tawar Asri ini memiliki fasilitas standar berupa aliran PDAM dan listrik pra bayar berkapasitas 900 Watt. Ukuran lebar tanah di depan masing-masing rumah rata-rata adalah 4 meter sehingga masih cukup untuk dijadikan garasi mobil berukuran sedang sejenis MPV. 

Lingkungan perumahan Griya Tawar Asri telah menyediakan beberapa fasilitas umum seperti mushola, jalan perumahan selebar 5 meter, serta ruang terbuka dyang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti lapangan voli kecil, parkir mobil bersama, serta pos keamanan.

Demikian gambaran rinci seputar Perumahan Griya Tawar Asri, salah satu perumahan favorit di Gunungkidul. Karena semua kavling telah habis terjual, jika berminat dengan investasi property di perumahan ini, silakan Anda menghubungi kami jikalau ada kavling yang akan dijual kembali oleh pemiliknya. Semoga bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment